2 January 2013

Letak Kompor yang Benar Menurut Feng Shui

Sebagian besar masyarakat pecinta seni Feng Shui beranggapan bahwa baik buruknya tata ruang dapur ditentukan oleh faktor peletakannya kompor, sementara letak sink/tempat cuci piring dinilai tidak penting. Mereka juga beranggapan bahwa posisi kompor yang baik bila arah menyerok saat memasak menuju ke arah dalam rumah, posisi ini diartikan agar hawa rezeki juga didorong masuk ke dalam rumah. Katanya pula, posisi menyerok ke arah luar rumah menandakan rezeki dalam keluarga penghuni akan ikut terdorong keluar alias cepat pergi sehingga penghuni akan kesulitan materi. atau pengeluaran keuangan dalam keluarga sangat boros dan sebagainya. Pendapat di atas sebetulnya bukan sebuah kebenaran menurut teori Feng Shui tetapi sudah berbaur dengan mitos, sayangnya sudah menjadi keyakinan dari banyak orang.



Dari penelusuran lebih lanjut. ungkapan ini teryata dahulunya dijabarkan oleh praktisis Feng Shui dari aliran Bentuk atau yang bersifat konservatif dan yang lainnya. Mereka hanya berpedoman pada pengalaman belaka tanpa didasari dengan teori Feng Shui yang benar. Aturan ini pada awalnya berasal dari satu ungkapan terhadap peristiwa yang waktu itu sedang ditelitinya, tetapi ungkapan tersebut pada akhirnya berubah menjadi suatu mitos yang cukup ditakuti oleh banyak orang, karena dikaitkan dengan masalah kemakmuran dan petaka dari kehidupan pemilik rumah.

Ketika ada yang bertanya pada Penulis tentang dogma ini, saya sering bertanya kembali pada mereka, apa yang terjadi kalau pada awalnya posisi kompor untuk memasak arahnya sudah menyerok ke dalam rumah, kemudian ganti penghuni yang bertangan kidal? Tentunya setiap saat akan selalu ada pembenahan letak kompor mengikuti siapa orang yang memasaknya bukan? Dogma ini juga sering penulis patahkan dengan menunjuk contoh rumah yang posisi memasaknya sudah menyerok ke luar tetapi tidak lama kemudian dijual penghuninya karena mengalami kebangkrutan bisnis. Sementara itu, ada rumah yang posisi memasaknya menyerok ke luar tetapi karier penghuni yang kian melambung.

Lalu bagaimana letak kompor yang benar dalam Feng Shui?

Memang benar ada ungkapan yang mengatakan bahwa dapur yang benar akan memberi dampak yang baik bagi sektor rezeki dan keharmonisan keluarga, tetapi penelitiannya mencakup banyak kasus, antara lain:

1. Letak dapur harus benar dahulu, artinya dapur harus ditempatkan di posisi yang 12terlindung agar tidak langsung terlihat dari jalan raya, juga letaknya tidak di bawah 12kamar tidur dan wc yang ada di atasnya.

2. Dapur harus memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang benar, karena asap hasil 12memasak bukan udara yang baik bagi kesehatan.

3. Letak kompor dan sink harus menduduki sudut yang benar. Salah satu contohnya adalah 12posisi kompor dan tempat cucian/sink tidak boleh bersebelahan atau bertatapan 12langsung, karena elemen api dan air tidak boleh bertatapan atau bersinggungan.

Sumber: Mas Dian MRE (Pakar Feng Shui)

No comments:

Post a Comment