1 January 2013

Pertimbangan Ketika Membeli Water Heater

Seorang teman pernah mengatakan, merasakan pijatan dari air yang mengalir melalui water heater (pemanas air) di kala tubuh terasa pegal sangatlah nikmat. Dengan tekanan air yang tepat dan suhu hangat, maka rasa pegal pun bisa diminimalkan. Memang, di era serba praktis ini water heater sudah menjadi barang yang jamak ditemui sebagai pelengkap peralatan rumah tangga. Kehadirannya semakin melengkapi gaya hidup modern dan memberi kenyamanan maksimal bagi hidup sehari-hari. Pasalnya kini tak perlu lagi menunggu air dimasak, namun hanya tinggal memutar maka air hangat pun bisa langsung dinikmati. Tentu saja pemilihan water heater ini harus dilakukan dengan cermat, untuk mendapatkan yang tepat sekaligus bisa hemat energi. Bila Anda pun ingin membeli water heater.

hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih energi yang akan digunakan, yaitu water heater gas atau listrik. Kedua jenis water heater ini juga menentukan pemasangannya, dimana jenis listrik bisa lebih fleksibel sementara jenis gas sebaliknya. Mengingat daya listrik yang dibutuhkan oleh water heater listrik cukup besar, pastikan bahwa daya total listrik di rumah mencukupi.

Kedua, pilihlah tipe water heater yang ingin digunakan, seperti jenis storage, demand, heat pump, tankless coil, indirect atau solar water heater yang menggunakan energi surya untuk memanaskan air. Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya tankless coil yang tidak membutuhkan media penyimpanan air lain karena air yang disedot langsung dipanaskan melalui broiler di dalam sistem pemanas hydronic. Perhitungkan pula besar ukuran water heater yang digunakan agar sesuai dengan luas ruang yang tersedia.

Ketiga, pilihlah water heater yang tergolong hemat energi, dimana indikatornya adalah Energy Factor (EF), dengan indicator mulai dari 0,5 hingga 2,0. Semakin tinggi EF, maka produk tersebut semakin efisien. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi yang biasanya terdapat pada setiap produk.

Terakhir, pertimbangkan pula perbandingan antara harga pembelian dengan total biaya perawatan dan keuntungan yang bisa diperoleh dari sebuah water heater. Dengan begini, keuntungan pun bisa berganda bagi Anda.

Sumber :Tim Tabloid Rumah

No comments:

Post a Comment