18 November 2013

Tips Jika KPR Anda Macet

Tips Jika KPR Anda Macet.
Keuangan seseorang tentu berbeda-beda, ketika kita mengambil KPR tentu keuangan kita sedang stabil atau usaha kita sedang berada pada titik yang stabil. Jika suatu saat ternyata kita tidak mampu membayar KPR kita, tentu kita akan merasa pusing dan mau tidak mau KPR kita macet dan tempat tinggal kita akan mempunyai label "DIAWASI" oleh bank.
Tapi kali ini saya akan memberikan tips untuk kita jika mengalami KPR macet.

1. Berusaha kooperatif dengan pihak bank, diantaranya dengan mengajukan permohonan kembali perpanjangan hutang, pengurangan bunga, keringanan dan sebagainya. Bank pun akan lebih logis dalam memilih langkah yang terutama mengutamakan penyelesaian hutang dibanding eksekusi yang biayanya mahal serta hasilnya belum tentu maksimal.

2. Jika rumah itu selama ini merupakan satu-satunya tempat tinggal, tetaplah dihuni dan rawat dengan baik. Demikian juga ketika rumah itu memang menjadi sarana investasi Anda. Jangan biarkan terbengkalai atau tidak terawat. Hal ini karena jika nanti pada proses akhirnya harus disita/lelang, rumah Anda masih memiliki nilai jual maksimal yang tentu saja berguna untuk perhitungan pada sisa hutang Anda.

3. Berusahalah untuk menjual sendiri rumah Anda. Baik dijual secara lunas ataupun over kredit. Karena dengan usaha menjual sendiri ini, kemungkinan untuk mendapatkan harga yang lebih optimal masih mungkin didapatkan.

Itulah beberapa saran ketika menghadapi situasi di mana KPR kita terpaksa mengalami kemungkinan kemacetan. Angsuran KPR bisa macet, tapi kita jangan macet berpikir mencari solusi. Bagaimanapun juga rumah itu adalah aset yang harus tetap dipelihara dengan baik.

Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment