18 November 2013

Tips Membeli Rumah Bekas atau Second

Membeli rumah bekas atau second memiliki beberapa keutungan diantaranya adalah kondisi rumah yang biasanya sudah renovasi sehinggal meminimalkan kita untk mengeluarkan biaya renovasi. Tetapi untuk membeli Rumah Bekas atau Second ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk kita ketika sedang menginginkan sebuah rumah idaman bekas.
Untuk mendapatkan rumah seken tapi tidak murahan, disarankan untuk mencari rumah seken yang pemiliknya sangat terdesak membutuhkan uang cepat.

Pilih lokasi rumah seken yang menguntungkan. Jangan membeli rumah seken yang berdekatan dengan kuburan, pembuangan sampah, lokasi yang sering banjir atau longsor. Hal ini berguna agar pembeli tidak terjebak dan terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Selain itu beberapa hal yang perlu anda cek adalah sebagai berikut :

Kondisi Bangunan
Sebaiknya jangan percaya begitu saja dengan tampilan luar rumah atau anda percaya dengan promo penjual rumah. Cek kondisi rumah! Sebagai bahan pertimbangan, ajak teman atau arsitek yang mengerti tentang layak tidaknya bangunan tersebut. Perhatikan ketahanan dinding, adakah keretakan atau kelembaban akibat saluran air yang bocor? Penting juga Anda lihat adakah serangan rayap di rumah dengan mengenali tanda-tandanya.
Jangan terbuai dengan interior bangunan, cek usia bangunan, kapan terakhir dilakukan renovasi. Jeli melihat usia bangunan berhubungan dengan keselamatan Anda dan anggota keluarga lainnya. Perhatikan juga sirkulasi udara yang keluar masuk ruangan. Cek kelengkapan ventilasi dan pencahayaan. Ruang yang kurang memperhitungkan kecukupan ventilasi dan pencahayaan akan menimbulkan kelembaban. Kelembaban sangat disukai rayap dan jamur, hasilnya ruangan berbau dan tidak sehat.

Usia Bangunan
Mengetahui usia rumah seken yang kan ditempati itu juga penting. kelompokkan bangunan rumah berdasarkan usianya: bila rumah baru berarti usianya kurang dari 10 tahun, rumah sedang usianya 10-20 tahun dan, bangunan tua bila usianya lebih dari 20 tahun. Penting juga menanyakan kapan terakhir rumah di renovasi. Renovasi bukan patokan baku memang, namun dapat mempengaruhi kualitas bahan bangunan, tipe struktur, dan kualitas pengerjaan.

Kondisi Sumber Air dan Listrik
Cek keberadaan sumber air. Seperti diketahui, air sangat penting bagi kebutuhan keluarga. Pastikan sumber air seperti sumur memiliki jarak ideal dengan septic tank yakni 10 meter persegi. Jika jarak ideal tak dipenuhi, bisa ditebak air akan tercemar dan tentunya tak layak dikonsumsi. Periksa juga daya penunjang listrik dari PLN. Apakah si pemilik rumah sebelumnya bermasalah dengan segel meteran atau tidak. Jangan sampai Anda harus menanggung denda tinggi karena meteran bermasalah.

Status Kepemilikan dan Dokumen
Setelah memeriksa kondisi fisik bangunan, mari jeli memeriksa status kepemilikan rumah. Lihat dan pastikan rumah tersebut memiliki surat izin dan sertifikat kepemilikan. Periksa apakah rumah tersebut memiliki masalah sengketa karena permasalahan warisan. Rumah warisan umumnya memiliki banyak ahli waris, ketahui apakah semua ahli waris menyetujui penjualan rumah. Jika ternyata bersengketa, lebih baik anda berpikir ulang untuk membelinya.Tak kalah penting adalah memeriksa Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal ini berguna untuk mengecek luas bangunan sama dengan yang tertera di sertifikat PBB dan IMB.


Survei Harga Rumah
Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan kalau membeli rumah tersebut. Bila Anda harus melakukan renovasi, pastikan besaran anggarannya tidak melebihi rencana awal. Perhatikan juga lingkungan sekitar, apakah aman, bagaimana dengan para tetangga, atau jauh dekatnya rumah dengan tempat kerja, serta akses jalan menuju rumah patut Anda pertimbangkan.

Membeli dari Pemilik Langsung
Bila Anda memakai jasa broker dalam membeli rumah seken, Anda tetap harus jeli. Pilih broker yang memiliki sertifikat, kalau perlu Anda dapat mengecek keabsahannya dengan menelepon kantor ia bekerja atau asosiasi broker di Indonesia.
Cara membeli rumah seken yang baik adalah dengan membeli langsung dari pemiliknya. Dengan menemui pemilik, Anda bisa memperoleh informasi mendetail tentang rumah tersebut. Selain itu, harga rumah juga menjadi lebih murah karena tidak perlu memberi komisi kepada broker atau perantara.

1 comment:

  1. informasi yang bagus dan menarik


    Rumah bernuansa danau dengan lokasi strategis, klik http://www.citralakesawangan.com/lake_area_gambar_pemandangan/

    ReplyDelete